Consumer Buying Behaviour


Pengertian
Apa itu consumer buying behaviour ? (Perilaku konsumen)
Consumer Buyer behaviour adalah hasil dan sikap, preferensi dan keputursan perilaku pembelian konsumen akhir (individu maupun rumah tangga) sebelum melakukan pembelian suatu produk/jasa.

Karakteristik yang mempengaruhi perilaku konsumen:

1. Faktor budaya
Faktor budaya yang dimaksud seperti :
- Budaya pembeli
- Sub Kultur (Agama, ras dan golongan)
- Kelas sosial (Pekerjaan, pendidikan dan kekayaan)

2. Faktor sosial 
Faktor sosial  yang terdiri dari :
- Kelompok referensi
Orang atau kelompok yang mempengaruhi dan memiliki potensi untuk pembentukan sikap atau perilaku individu 
Contoh : Artis dan selebgram yang melakukan endorsement.
- Keluarga
Suami, istri dan anak-anak yang telah menggunakan suatu produk dan bisa menjamin kepuasan atas nilai guna suatu produk.
- Peran dan status

3. Faktor pribadi
Faktor pribadi yang meliputi :
- Usia
- Pekerjaan
- Status ekonomi
- Gaya hidup dan
- Kepribadian

4. Faktor Psikologis
- Motivasi
- Persepsi / pandangan
- Keyakinan dan sikap


Lalu, bagaimanakah proses pembeli melakukan keputusan dalam membeli suatu barang ?
Dalam ekonomi, terdapat 5 buyer decision process sebagai berikut:

Buyer Decision Process :

1. Problem / Need Recognition
Pembelian suatu barang/jasa tidak akan ada jika seorang pembeli tidak memiliki kebutuhan atau keinginan atas hal tersebut. Seorang pembeli harus memiliki rasa butuh untuk membeli sesuatu, bisa dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal.

2. Information Search
Seorang pembeli akan mencari informasi lebih lanjut mengenai produk yang akan dibeli untuk mengetahui, mengenal dan mengevaluasi sumber informasi yang berhubungan dengan keputusan pembelian.

3. Evaluation of alternatives
Pembeli akan mengevaluasi beberapa produk atau merek yang memiliki kemiripan pada kegunaan dan kebutuhan. Pada step ini, pembeli akan memilih salah satu merek atau produk yang memiliki nilai kepuasan tertinggi atas produk atau merek yang dia cari.

4. Purchase decision
Pada step ini, pembeli melakukan pembelian. Keputusan pembelian final ini dapat di pengaruhi oleh 2 faktor, yakni feedback atau ulasan buruk dari konsumer sebelumnya yang membeli barang yang sama dan motivasi untuk menerima ulasan tersebut.

5. Post-purchase behaviour
Pada step ini, pembeli akan melakukan pembandingan terhadap produk sebelumnya atau ekspetasinya dan menentukan apakah mereka puas dengan produk yang dibeli atau tidak puas.


Namun, dalam pembelian suatu barang atau kebutuhan yang bersifat baru atau asing bagi pembeli. Pembeli memiliki process dalam melakukan pembelian yang berbeda dengan sebelumnya.

Berikut proses pembuatan keputusan pembelian pada produk baru bagi pembeli/konsumen :
(The buyer decision process for new product)

1. Awarness
Konsumen menjadi sadar akan produk yang akan dibeli namun kurang informasi seputar produk yang akan dibeli.

2. Interest
Konsumen mencari informasi seputar produk baru yang akan dibeli.

3. Evaluation
Konsumen menganggap dan kepikiran untuk mencoba produk tersebut/ test product.

4. Trial
Konsumen membeli produk baru tersebut dalam ukuran atau skala kecil sebagai cara evaluasi dan pembuatan keputusan mengenai kepuasan atas produk baru tersebut.

5. Adoption
Konsumen menentukan untuk tetap menggunakan produk baru tersebut secara harian karena telah memenuhi kepuasan konsumen.

0 Response to "Consumer Buying Behaviour"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel