4 JENIS POSISI PADA PERSAINGAN PASAR
4 POSISI PERSAINGAN PASAR
Pada sebuah pasar (Market), terdapat 4 jenis penjual dengan posisi yang berbeda-beda. Posisi tersebutlah yang menentukan beberapa jenis perbedaan dalam pasar seperti salah satunya adalah "Harga". Empat jenis posisi pada sebuah persaingan pasar adalah :
1. Market Leader (Pemimpin Pasar)
Market Leader adalah perusahaan yang memegang bagian terbesar dalam pasar yang memiliki karakteristik memiliki pangsa pasar 40% dan menjadi pusat orientasi pesaing untuk diserang, ditiru dan dijauhi.
Suatu industri yang memiliki satu perusahaan yang diakui sebagai pemimpin pasar, karena perusahaan tersebut mempunyai pangsa pasar (Market Share) yang terbesar di pasar produk terkait. Perusahaan tersebut biasanya memimpin perusahaan lain dalam perubahan harga, perkenalan produk terkait. Tetapi, pemimpin pasar harus selalu tetap waspada, karena tidak selamanya posisi sebagai pemimpin pasar tetap dapat dipegangnya, pesaing-pesaingnya bisa saja menggeser posisinya tersebut
Contoh : Sebagai contoh kita gunakan Shopee sebagai marketplacenya dan Redmi Note 7 sebagai produknya.
Berdasarkan pengertian di atas, maka yang menjadi market leader pada produk Redmi Note 7 ini adalah yang berada di urutan teratas setelah iklan. Dengan kata lain yang menjadi market leader adalah toko yang menjual Xiaomi Redmi Note 7 4/64GB TAM dengan harga Rp2.510.000 dan penjualannya mencapai 1,6 ribu per bulan.
2. Market challenger (Penantang Pasar)
Market Challenger adalah perusahaan runner up dibawah Market Leader. Sebuah perusahaan yang berposisi pada Market Challenger menggunakan strategi yang biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang terletak pada posisi ke dua atau ke tiga, dimana perusahaan-perusahaan ini menyerang pemuka dan pesaing-pesaing lain dengan tawaran yang agresif untuk memperoleh lebih banyak market share.
Contoh : Untuk pasar mie instan misalnya. Mie instant dengan merek Indomie sudah bertahun-tahun menjadi market leader. Bahkan mereka menjadi Top Of Mind di masyarakat Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia menyebut mie instan ini sebagai Indomie. Dan juga jarak penjualan dengan para pesaingnya seperti mie ABC dan Supermie cukup jauh.
Namun dengan hadirnya mie Sedaap di masyarakat, membuat Indomie menjadi tidak diam begitu saja, Bagi Indomie, mie Sedaap adalah ancaman. Sehingga dalam konteks ini mie Sedaap bisa kita sebuat sebagai penantang pasar (market challenger).
3. Market Follower (Pengikut Pasar)
Market Follower adalah perusahaan yang mengambil sikap tidak mengusik Market Leader dan hanya puas dengan cara menyesuaikan diri terhadap kondisi - kondisi pasar.
Salah satu strategi yang paling banyak digunakan untuk saat ini adalah dengan menjadi market follower, yaitu sebuah usaha yang sudah berdiri, namun sama sekali tidak mendominasi pasar dimana produk tersebut akan mampu dalam mempertahankan posisinya sendiri. Bisnis jenis ini mampu mengembangkan strategi seperti halnya yang telah dilakukan oleh market leader, dimana mereka mampu mendapatkan market share yang lebih bagus dengan tingkat resiko yang sangat kecil. Strategi seperti ini lebih sering disebut dengan strategi “play it safe”.
Contoh : Smarphone merek Oddo dan Oviv adalah jenis merek smartphone yang berposisi di Market Follower dimana inovasi dan design smartphone selalu mengikuti apa yang sedang menjadi trending dikalangan masyarakat.
4. Market Nicher (Ceruk Pasar)
Market Nicher Adalah suatu kelompok kecil dengan pangsa pasar kecil yang mempunyai kekuatan besar dibanding keseluruhan pangsa pasar. Kelompok ini berusaha untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru, yang akan menaruh minat konsumen dalam pangsa pasar, dan memiliki daya saing yang sangat tinggi.
Market Nicher memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :
• Mereka cenderung menjadi nilai tambah tinggi industri dan mampu memperoleh margin yang tinggi.
• Mereka cenderung sangat difokuskan pada tertentu segmen pasar.\
• Mereka cenderung untuk memasarkan produk high end atau jasa, dan mampu menggunakan strategi harga premium.
• Mereka cenderung untuk menjaga biaya operasional mereka turun dengan menghabiskan lebih sedikit pada R & D, periklanan, dan personal selling.
Contoh : Smarphone Merek Huawei yang memfokuskan pada kamera dan Sony pada kualitas suara
Saya akan menggunakan beberapa merek Smarphone sebagai contoh dari beberapa jenis posisi persaingan pasar.
0 Response to "4 JENIS POSISI PADA PERSAINGAN PASAR"
Post a Comment