Seputar Promotion Mix (Bauran Promosi)

Pernahkah kalian mendengar istilah "Promotion Mix" ??
Pada ilmu ekonomi, promotion mix adalah bagian dari marketing atau salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha dalam rangka memasarkan produknya.
Apa yang dimaksud dengan Promotion Mix?
Promotion Mix (Bauran promosi) adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya dan Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Bentuk-bentuk dari promotion Mix terdiri dari :
1. Iklan seperti iklan yang terdapat pada koran, majalah, radio, katalog, poster, dan lain-lain.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dan lainnya.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.
Lalu, seperti apakah contoh perusahaan yang menerapkan Promotion Mix ? Berikut salah satu contoh perusahaan yang menerapkan promotion mix.
CONTOH PROMOTION MIX
PT. Sampoerna Tbk. dengan produk Rokok Jie Sam Soe (Kretek/Filter).
Perusahaan melakukan promotion mix dengan memasang iklan (Advertising) di beberapa suarat kabar, majalah, radio, dan televisi. Sementara itu pada kesempatan lain, perusahan juga melakukan usaha promosi penjualan (Sales Promotion) dalam kegiatan pameran dengan membagikan rokok kepada pengunjung atau memberikan bingkisan kepada para pengunjung . Upaya meningkatkan penjualan dalam bentuk Hubungan masyarakat (Public Relations), perusahaan ini menjadi sponsor dalam bidang pendidikan dengan memberikan bantuan bea siswa, dan menjadi sponsor beberapa kegiatan cabang olah raga, seperti ; Liga sepak bola “Copa Indonesia”, atau kegiatan musik Jazz. Pada saat yang sama juga sering pihak perusahaan melakukan penjualan langsung (Personal Selling) di tempat kegiatan yang disponsorinya yang terkadang dilakukan dengan memberikan souvenir kepada para pembeli. Pihak perusahaan juga melakukan upaya direct marketing dengan memasang poster di beberapa agen, dan kios rokok atau dengan membuatkan tempat menjajakan bagi pedangan asongan dengan tulisan dan logo perusahaan.
Baca juga : 5 Posisi pada persaingan pasar
Pada promotion mix, terdapat 5 unsur penting yang mengikatnya yaitu :
1) Advertising : merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar.
Contoh :
McDonald mempromosikan menu barunya BigMac melalui poster raksasa di sepanjang jalan tol Soekarno Hatta dan juga menyebarkan poster di media sosial.
2) Sales Promotion : berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
Contoh :
Untuk mempromosikan produknya, JENIUS Pay menyediakan sebuah stand beserta employeenya untuk mengajak orang-orang yang lewat untuk berlangganan menjadi nasabah JENIUS Pay. Mereka melakukan promosi melalui orang-orang yang memiliki ilmu promosi / marketing di mall-mall tertentu.
3) Public relation and publicity : berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citera perusahaan atau produk individualnya.
Contoh :
Telkomsel melakukan Event yang menunjukkan kepeduliannya terhadap kaum Yatim di 18 Kota di Indonesia. Telkomsel menghabiskan dana sebesar 4 Milliar rupiah sebagai donasi bagi 15.000 anak-anak yatim piatu di 18 Kota terpilih. Hal ini tentu menaikkan citra baik perusahaan Telkomsel.
4) Personal Selling : Interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan.
Contoh :
Pada sebuah proyek pembangunan tempat tinggal (Komplek perumahan atau Apartemen) terdapat sebuah bangunan kecil yang disebut dengan “Marketing Gallery”. Marketing Gallery tersebut adalah salah satu bentuk personal selling dimana Marketer bertemu dengan calon pembeli (Calon penghuni rumah / apartemen yang dijual) untuk melakukan tanya jawab secara tatap muka (F2F).
5) Direct marketing : penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
Contoh :
Ketika kamu menggunakan jasa edit logo gratis disebuah website gratis, kamu akan diperintahkan untuk mengisi alamat E-mail kalian. Setelah itu, akan dikirim semua promosi mengenai web tersebut ke alamat E-mail yang kamu input sebelumnya.
0 Response to "Seputar Promotion Mix (Bauran Promosi)"
Post a Comment